Warga Surabaya Apresiasi Layanan Paspor Simpatik di Lenmarc Mall Surabaya


SURABAYA – Demi meningkatkan pelayanan publik serta menjawab antuasiasme warga yang sangat tinggi. Kantor Imigrasi Kelas I TPI Tanjung Perak telah resmi membuka Layanan Paspor Simpatik di Lenmarc Mall Surabaya, pada beberapa waktu yang lalu.

Layanan Paspor Simpatik Kanim Tanjung Perak ini dilaksanakan setiap Hari Sabtu hingga Bulan Agustus 2019, dengan kuota yang tersedia sebanyak 50 orang pemohon paspor.

Selain merupakan langkah Direktorat Jenderal Imigrasi dalam meningkatkan pelayanan permohonan paspor. Layanan Paspor Simpatik ini juga diberikan dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74.

“Layanan ini akan ada selama empat kali yaitu, pada 20 dan 27 Juli, serta 3 dan 10 Agustus 2019 dimulai pada pukul 10:00-16:00 WIB,” kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Tanjung Perak, Romi Yudianto melalui Agus Surono selaku Koordinator Layanan Paspor Simpatik Lenmarc Mall Surabaya.

Baca Juga :   Tim Intelijen dan Penindakan Imigrasi Tanjung Perak Deportasi WNA Asal China

Menurut Agus, dengan adanya peningkatan kapasitas permohonan paspor, diharapkan akan membantu pemohon khususnya bagi yang berhalangan melakukan permohonan paspor pada hari kerja.

“Jadi diharapkan agar masyarakat dapat memanfaatkan layanan paspor simpatik ini dengan sebaik-baiknya,” ujar Agus kepada awak media, Sabtu (27/7/19).

Selain melayani permohonan paspor baru, layanan paspor simpatik Kanim Tanjung Perak ini juga melayani penggantian paspor lama dengan kuota 50 pemohon dalam satu hari.

“Karena Lenmarc Mall memiliki lokasi strategis di jantung kota Surabaya, sehingga layanan paspor simpatik ini memudahkan masyarakat. Sekaligus menjadi fasilitas penunjang untuk pengunjung yang datang sambil berbelanja bersama keluarga. Jadi pemohon tentu tidak perlu bolos kerja,” ungkap Agus.

Baca Juga :   Imigrasi Tanjung Perak Deportasi Pelatih Basket Asal Singapura

Agus menjelaskan bahwa, pemohon yang datang untuk membuat paspor baru cukup membawa berkas persyaratan seperti e-KTP, kartu keluarga, dan akte Lahir, yang bisa digantikan dengan ijazah ataupun surat nikah.

“Tetapi untuk penggantian paspor, pemohon cukup membawa KTP Elektronik beserta paspor lama terbitan dalam negeri diatas tahun 2009. Untuk paspor lama dibawah tahun 2009 harus melengkapi berkas seperti syarat membuat paspor baru,” jelasnya.

Dalam proses layanan simpatik ini, petugas imigrasi hanya melayani dengan sistem administrasi yang terintegrasi secara online.

“Untuk itu, pemohon wajib mendaftar terlebih dahulu melalui website layananpaspor.imigrasitanjungperak.com. ” pungkas Agus.

Dari hasil pantauan awak media di lokasi, layanan paspor simpatik ini juga mendapat apresiasi dari masyarakat, seperti yang disampaikan oleh George (32) warga Surabaya yang menuturkan bahwa dirinya sangat terbantu dengan adanya layanan paspor simpatik yang dilakukan oleh Kanim Tanjung Perak.

Baca Juga :   Selesaikan Paspor Haji, Kemenag Apresiasi Kinerja Kantor Imigrasi Tanjung Perak

“Terus terang saya sangat terbantu dengan adanya layanan simpatik yang dilakukan oleh Kanim Tanjung Perak. Karena ketika mengurus perpanjangan paspor pada saat weekend seperti sekarang ini antreannya tidak terlalu panjang, jadi bisa menghemat waktu saya,” kata George saat ditemui sedang mengurus perpanjangan paspor di layanan paspor simpatik Lenmarc Mall Surabaya

George juga berharap kedepan lebih banyak lagi tempat yang bisa melakukan pelayanan paspor seperti yang disediakan Kanim Tanjung Perak di Lenmarc Mall Surabaya.

“Saya harap lebih banyak lagi tempat seperti ini, agar lebih memudahkan masyarakat yang mau mengurus paspor sambil menikmati weekend bersama keluarga,” ungkapnya. (*)