Terbukti Konsumsi Sabu, Alan Apriansyah Dihukum 4 Tahun Penjara


Surabaya – Sidang lanjutan perkara narkoba dengan agenda pembacaan putusan (Vonis) dengan terdakwa Alan Apriansyah (19) kembali digelar di Pengadilan Negeri Surabaya, Selasa (15/10).

Karena terbukti melakukan tindak pidana penyalagunaan narkotika jenis sabu -sabu, oleh Majelis Hakim Dwi Winarko SH, MH, terdakwa Alan Apriansyah divonis (4) empat tahun penjara, denda Rp 800 juta dengan subsidair (1) satu bulan kurungan.

Adapun putusan tersebut dinilai lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Anggraeni.SH, yang pada sidang sebelumnya menuntut terdakwa selama (5) lima tahun penjara denda sebesar Rp 800 juta subsidair (3) tiga bulan kurungan.

Karena perbuatan terdakwa yang tidak mendukung program pemerintah dalam memberantas peredaran narkoba, hingga JPU menjerat terdakwa sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam pasal 112 ayat (1) Undang Undang RI No.35 tahun 2009 tentang narkotika.

Baca Juga : La Nyalla: Kedaulatan PSSI Ditangan Voters

Terdakwa Alan Apriansyah ditangkap petugas Polisi karena menyimpan narkotika jenis shabu di Rumahnya jalan Lidah Kulon Lakarsantri Surabaya.

Saat dilakukan penggeledahan petugas mendapatkan barang bukti berupa (1) satu poket shabu seberat 0,53 gram (2) dua buah pipet kaca bekas pakai dan seperangkat alat hisap shabu (bong) serta (1) satu buah timbangan elektrik.

Dari hasil pemeriksaan, terdakwa mengaku mendapat shabu tersebut dari mensubit atas suruhan terdakwa Debby (DPO) lalu terdakwa mengambil sedikit  shabu tersebut untuk di konsumsi sendiri.

Atas putusan tersebut, terdakwa setelah berkonsultasi dengan kuasa hukumnya Drs.Victor A Sinaga.SH menyatakan banding. (son)