Sepuluh Kepala Daerah di Jatim Raih Penghargaan Pembina K3


Surabaya – Peringatan Bulan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Nasional di Provinsi Jawa Timur diperingati dengan upacara di Lapangan Sier Surabaya, Senin (14/1).

Usai upacara, Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, selaku inspektur upacara memberikan penghargaan langsung pada 10 bupati dan walikota di Jawa Timur.

Pengharaan diberikan kepada Walikota Surabaya, Bupati Gresik, Bupati Sidoarjo, Bupati Pasuruan, Bupati Tuban, Bupati Lamongan, Bupati Mojokerto, Walikota Madiun, Bupati Bojonegoro, dan Bupati Probolinggo. Kesepuluh kepala daerah itu dinilai terbaik sebagai Pembina K3 di wilayahnya masing-masing.

Penghargaan 10 kepala daerah terbaik sebagai Pembina K3 ini diberikan setiap tahun. Sejak 2015 jumlah penerima penghargaan tetap sama untuk 10 bupati/walikota.

Selain penghargaan bagi Bupati dan Walikota, Khofifah juga memberikan penghargaan bagi industri atau perusahaan. Tercatat sebanyak 329 perusahaan yang mendapat penghargaan Zero Accident atau kecelakaan nihil.

Terdapat pula 181 perusahaan menerima penghargaan atas sistem manajemen K3 yang berjalan dengan baik selama setahun terakhir. Diberikan pula penghargaan bagi 37 perusahaan yang menjalankan program penanggulangan (P2) HIV/Aids.

“Penghargaan diberikan sebagai bentuk apresiasi Pemerintah Provinsi Jawa Timur bagi bupati walikota dan juga perushaan. Tidak melihat perusahan besar atau kecil. Selama melakukan upaya meminimalisir kecelakaan kerja maka layak mendapatkan penghargaan,” kata Khofifah.