Sapma Pemuda Pancasila Gelar Aksi Penggalangan Dana Peduli Bencana


SURABAYA – Bertempat di Taman Bungkul Surabaya, Satuan Siswa Pelajar dan Mahasiswa (Sapma) Pemuda Pancasila Surabaya menggelar aksi penggalangan dana bagi korban bencana, Sabtu (5/10) malam.

Rencananya dana yang terkumpul akan disalurkan kepada korban kebakaran hutan dan lahan (Kathutla) di Riau, korban pengungsi bencana sosial di Wamena, dan korban bencana gempa di Ambon Maluku.

Zusman Abiyahsya Ketua Bidang Keagamaan Sosial Budaya Sapma kota Surabaya mengatakan bahwa kegiatan penggalangan dana sebagai bentuk kepedulian Sapma Kota Surabaya kepada korban Karhutla, pengungsi Wamena, dan korban gempa di Ambon.

“Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian kami kepada saudara kita yang menjadi korban Karhutla, kerusuhan Wamena, dan korban bencana gempa di Ambon,” kata Zusman.

BACA JUGA : Gubernur Jatim Hadiri Peringatan HUT TNI ke 74 di Lapangan Makodam V Brawijaya

Ia melanjutkan, aksi penggalangan dana ini juga sebagai bentuk aksi lanjutan “Surabaya Menggugat” pada 26 September kemarin.

Menurutnya, dengan aksi penggalangan dana ini, Sapma Pemuda Pancasila Surabaya tidak hanya melakukan aksi demo saja, melainkan juga mempunyai kegiatan sosial sebagai bentuk kepedulian kepada saudara se-bangsa dan se-tanah air.

“Aksi penggalangan dana ini sebagai lanjutan aksi kita waktu demo 26 September kemarin. Jadi Sapma Pemuda Pancasila Surabaya tidak hanya bersuara lewat demo, melainkan juga lewat penggalangan dana bagi korban bencana dan tragedi di Wamena,” ujarnya.

Melalui aksi ini, Zusman berharap akan muncul rasa kepedulian dari anggota Sapma Pemuda Pancasila Surabaya terhadap nasib masyarakat Indonesia yang menjadi korban bencana maupun korban kerusuhan di Wamena.

“Dengan aksi ini kami berharap seluruh kader Sapma PP Surabaya muncul kepedulian terhadap sesama, sehingga secara tidak langsung ikut mengimplemntasikan sila kedua Pancasila yaitu kemanuasiaan yang adil dan beradab,” tuturnya.

Aksi penggalangan dana ini diikuti oleh sekitat 20 kader Sapma Pemuda Pancasila Surabaya yang berasal dari Universitas Airlangga dan UPN.

Mereka menggalang dana melalui pagelaran musik akustik dari pengunjung Taman Bungkul Surabaya.

Bagi pengunjung yang memberikan donasi, mereka mendapat souvenir berupa stiker Sapma Pemuda Pancasila Surabaya.

Dari aksi itu, Sapma Pemuda Pancasila Surabaya berhasil mengumpulkan dana sekitar Rp 3 juta. Rencananya dana itu akan disalurkan melalui lembaga Disaster Managemen Institut of Indonesia (DMII). (tim)