Polres Trenggalek Siap Terjunkan Anggota di Pilkada Mendatang


Trenggalek – Menyongsong perhelatan Pemilu kedepan, KPU Kabupaten Trenggalek berinisiasi menyelenggarakan Evaluasi Tahapan Penyelenggaraan Pemilu 2019 dan Kesiapan Menyongsong Pemilihan Serentak Tahun 2020 di rumah makan Mekar Sari Trenggalek.

Salah satu narasumber utama yakni Kapolres Trenggalek AKBP Jean Calvijn Simanjuntak, S.I.K., M.H yang memaparkan pandangannya terkait dengan kesuksesan pilkada ditinjau dari sudut pandang kamtibmas sesuai dengan bidang yang digelutinya.

“Ada beberapa indikator bagaimana Pilkada kabupaten Trenggalek tahun 2020 nanti bisa dibilang sukses dan berhasil.” ungkap AKBP Jean Calvijn.

Baca Juga : Dorong Swasembada Protein Hewani, Jatim Siap Kirim Inseminator Ke Provinsi Lain

Indikator yang pertama menurut AKBP Jean Calvijn adalah jika seluruh pilar penyelenggara pilkada bersikap netral, transparan, profesional dan taat asas.

Penyelenggara baik secara tersirat maupun tersurat tidak boleh berpihak kepada salah satu paslon dan mengacu pada tatanan aturan dan regulasi yang berlaku.

“Tim kampanye, tim sukses, relawan dan pendukung Paslon Cabup dan Cawabup siap menang dan siap kalah serta mampu mengendalikan simpatisan untuk saling menghormati satu sama lain. Ini untuk mencegah terjadinya gesekan ditingkat bawah,” ujar AKBP Jean Calvijn

Selain itu, masih kata AKBP Jean Calvijn, semua pihak harus dapat mengendalikan diri dan tidak melakukan perbuatan melawan hukum serta mengutamakan kepentingan masyarakat luas.

Disamping itu, tidak menggunakan Hoax, ujaran kebencian maupun isu sara yang dapat memicu konflik dan memecah belah masyarakat.

“Tujuan Pilkada adalah memilih pemimpin yang amanah dan sesuai dengan pilihan masyarakat. Perlu dikuatkan lagi pendidikan politik agar masyarakat bisa berdemokrasi secara cerdas, tidak mudah terprovokasi maupun di adu domba.” Imbuhnya

Pihaknya berharap, Pilkada Kabupaten Trenggalek tahun 2020 nanti dapat terselenggara dengan aman, tertib dan lancar tentunya dengan dukungan dan kontribusi dari semua pihak untuk bersama-sama menjaga Kamtibmas kondusif di Kabupaten Trenggalek.

Turut hadir dalam acara tersebut, Komisioner KPU Provinsi Jawa Timur Ihsan Gunawan, Ketua KPU Trenggalek Gembong Derita Hadi, S.E. beserta komisioner lainnya, Bawaslu Kabupaten Trenggalek, Kesbangpol Trenggalek, Perwakilan Parpol peserta pemilu, mahasiswa dan organisasi masyarakat. (tata)