Peringatan HUT Bhayangkara ke 74, Kapolda Jatim Berharap Penegakan Hukum Bisa Lebih Humanis dan Proaktif


Surabaya – Bertempat di Gedung Mahameru Mapolda Jawa Timur, Kapolda Irjen Pol. Dr. Mohammad Fadil Imran dengan didampingi Wakapolda Brigjen Wakapolda Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo serta Pejabat Utama (PJU) Polda Jatim merayakan HUT Bhayangkara ke 74 tahun 2020.

Tampak hadir pula dalam kegiatan tersebut Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Pangdam V Brawijaya Mayor Jenderal TNI Widodo Iryansyah, Ketua DPRD Jawa Timur Kusnadi beserta jajaran Forkopimda serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Fadil Imran menuturkan bahwa pada peringatan HUT Bhayangkara ke 74 tahun 2020 ini Harapannya kedepan, Polri bisa berperan maksimal dalam menghadapi pandemi Covid19, mulai tahap pencegahan sampai dengan tahap tritmen dan pembinaan masyarakat.

“Sehingga angka penularan dan kematian Covid19 di Jatim bisa ditekan serta angka kesembuhan bisa ditingkatkan,” ujar Fadil, Rabu (1/7).

Baca Juga : Pemkab Trenggalek Umumkan 1 Pasien Sembuh dan 4 Tambahan Pasien Positif

Kapolda juga menambahkan bahwa untuk pembagian 2 juta masker yang sudah dibagikan kepada seluruh masyarakat di Jawa Timur, akan terus dilakukan, tidak hanya oleh Polda Jatim, melainkan juga di seluruh Kapolres/Kapolresta jajaran.

Hal ini sebagai langkah dalam pencegahan penularan Covid19 di Jawa Timur, khususnya di wilayah Surabaya Raya.

“Di Hari Ulang Tahun Bhayangkara ke 74 Tahun 2020, ini Harapan saya, dalam melakukan penegakan hukum bisa lebih humanis, dalam melakukan pemecahan masalah bisa lebih proaktif, serta meningkatkan soliditas internal dan meningkatkan soliditas bersama TNI/Polri,” kata Kapolda Jatim.

Baca Juga : Gubernur Khofifah Apresiasi Inovasi Aplikasi TACS Besutan Polda Jatim

Selain itu, Fadil juga menambahkan bahwa Polri akan mendukung sepenuhnya upaya Pemerintah dalam langkah – langkah pemulihan ekonomi.

“Tidak hanya memerangi Covid19 saja, melainkan bagaimana Polri mampu berperan agar ekonomi tetap bisa berjalan, sehingga masyarakat sehat Polri produktif,” tambah Kapolda Jatim.

Sementara itu terkait dengan pengamanan rumah sakit yang menangani pasiem Covid19, Kapolda Jatim memerintahkan kesemua Kapolres di Jawa Timur, agar memploting anggotanya di RS rujukan penanganan pasien Covid19.

Baca Juga : Pendatang di Trenggalek Bakal Diwajibkan Bawa Surat Sehat

Dan jika ada jenazah covid19 yang akan dimakamkan harus ada pengawalan dari anggota kepolisian.

Diakhir wawancaranya, Kapolda Jawa Timur Irjen Pol. Dr. Mohammad Fadil Imran, M,Si juga titip pesan kepada masyarakat, agar selalu menjaga protokol kesehatan dengan memakai masker, cuci tangan dan jaga jarak.

‘Sehingga bersama – sama kita mencegah penyebaran virus Covid19,” pungkasnya.