Pasca Kebakaran, Kapolres Trenggalek Turun Langsung Tinjau Lokasi


Trenggalek – Dampak dari kemarau yang berkepanjangan membuat beberapa wilayah di Trenggalek Jawa Timur terkena imbasnya. Salah satunya yang ada di Desa Suruh Kabupaten Trenggalek.

Lahan milik perhutani tersebut mengalami kebakaran hebat, diduga pemicu kebakaran adalah tangan jahil yang sengaja menyulut api pada dedaunan kering di sekitar hutan. Akibatnya, api menjalar hingga membakar lahan perhutani.

Meski tidak ada korban jiwa, namun ditaksir kerugian mencapai puluhan juta rupiah. Banyak pohon dan ekosistem hutan yang rusak akibat kejadian itu.

Pasca  kebakaran Kapolres Trenggalek  AKBP Jean Calvijn Simanjutak, S.I.K. M.H  turun langsung meninjau lokasi kebakaran yang berada di kawasan hutan produksi Petak 86c RPH Karangan BKPH Karangan KPH Kediri masuk Desa Suruh Kecamatan Suruh Kabupaten Trenggalek. Jumat, (27/9)

BACA JUGA : Pemprov Jatim Kirim Bantuan Masker dan Makanan Siap Saji Untuk Jambi

Di damping oleh Kabag Ops Kompol Haryanto, S.H dan beberapa pejabat utama serta Kapolsek AKP Warjito, S.H, orang nomor satu di jajaran Polres Trenggalek tersebut berjalan menyusuri hutan pinus  dengan berjalan kaki.

Setelah tragedi kebakaran tersebut, Kapolres Trenggalek memasang banner himbauan di beberapa lokasi yang berdekatan dengan kawasan lahan maupun hutan yang rentan terjadi kebakaran.

Imbauan ini selain papan banner, juga menyebar luaskan melalui media sosial dan media daring agar lebih menjangkau masyarakat luas. Tujuannya untuk meningkatkan kewaspadaan guna mencegah kejadian serupa.

“Untuk itu kami mengimbau agar masyarakat mewaspadai terjadinya Karhutla. Segera laporkan kepada kepolisian ataupun petugas setempat agar bisa segera dilakukan tindakan pemadaman,” tutupnya.  (tata/fi)