Menkumham Lepas 1.806 Personel Satgas Sail Nias 2019


JAKARTA – Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Yasonna H. Laoly, melepas 1.806 personel Satuan Tugas (Satgas) Sail Nias Tahun 2019, pada Senin (2/9).

Jumlah personel tersebut terdiri dari dua tim, yaitu Tim Pelayaran Lingkar Nusantara dengan KRI Tanjung Kambani, dan Tim Surya Baskhara Jaya dengan KRI Semarang.

Menkumham mengatakan Tim Pelayaran Lingkar Nusantara terdiri dari 1.310 personel. Tim ini merupakan bagian dari kegiatan pembinaan generasi muda dalam kerangka national character building generasi muda Indonesia.

“Tim Surya Baskhara Jaya terdiri dari 496 personel yang didukung penuh dari unsur TNI Angkatan Laut,” kata Yasonna saat melepas kedua tim di JICT (Jakarta International Container Terminal), Tanjung Priok, Jakarta Utara.

“Tim ini akan melakukan bakti sosial berupa pelayanan kesehatan, perbaikan rumah ibadah, dll,” tambahnya.

Sebelumnya, kata Yasonna, berbagai rangkaian kegiatan Sail Nias 2019 telah dilakukan dengan melibatkan pemerintah pusat, pemerintah daerah, TNI, Polri, serta BUMN.

“Kolaborasi dan sinergitas yang kita jalin bersama selama ini telah menunjukkan hasil yang sangat memuaskan dalam rangka mempersiapkan Nias sebagai tempat pelaksanaan kegiatan Sail Nias 2019,” jelas Yasonna.

Hadir dalam kegiatan ini Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo, dan Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Siwi Sukma Adji.

Acara puncak Sail Nias 2019 digelar pada 14 September 2019 dan direncanakan akan dibuka secara resmi oleh Presiden RI, Joko Widodo. Kegiatan ini akan dimeriahkan berbagai aksi demonstrasi seperti demo para motor dan aeromodelling, demo HAWK-4 Pesawat Flying Pass, Free Fall dan Sailing Pass 150 Perahu Nelayan, serta pertunjukan tarian kolosal.(red)