Kunjungan Kerja Tim Supervisi dan Asistensi Ops Mantap Praja 2020 Mabes Polri


Surabaya – Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta yang di dampingi Wakapolda Jawa Timur Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo, bersama pejabat utama Polda Jatim menerima kunjungan dari Tim Supervisi Ops Mantap Praja, dari Mabes Polri yang dipimpin oleh Asrena Kapolri, Irjen Pol. Hendro Sugriatno, dan Kadiv TIK Polri Irjen Pol. Drs. Muktiono, S.H., M.H.,

Maksud kedatangan kunjungan Tim Supervisi Ops Mantap Praja 2020 ke Jawa Timur kali ini diantaranya untuk menyampaikan amanat dari Kapolri dan mengecek terkait kesiapan terakhir pengamanan Pilkada Serentak tahun 2020 di wilayah Jawa Timur.

Dalam kutipan sambutannya, Kapolda Jatim tidak lupa mengucapkan selamat datang di Polda Jatim kepada Tim Supervisi Ops Mantap Praja, dan menyampaikan kesiapannya dalam pelaksanaan pilkada serentak di 19 Kabupaten kota di Jawa timur, dan siap menerima arahan dari tim supervisi dan asistensi Ops Mantap Praja 2020.

Baca Juga : Genjot Potensi Lokal, Pemprov Jatim Gandeng Pegiat Medsos Jatim

“Polda Jatim siap menerima arahan dari tim supervisi, dan asistensi Ops Mantap Praja 2020 dalam rangka PAM Pilkada Serentak Tahun 2020,” jelasnya Kapolda Jatim, Irjen Pol Dr Nico Afinta disaat memberilan sambutan.

Baca Juga :   Pertajam Tugas Inspektorat, Pemprov Jatim Tambah Bidang Pencegahan Korupsi dan Pengawasan Reformasi Birokrasi

Sementara, Asrena Kapolri menyampaikan amanat Kapolri, perihal Kesiapan PAM Pilkada Serentak Tahun 2020, ada beberapa penekanan yang disampaikan, diantaranya.

  1. Pilkada di masa Pandemi ini telah diatur dalam Peraturan KPU yang sudah dibuat setiap tahapannya dengan memperhatikan protokol kesehatan, memperhatikan Aspek Pengamanan dan Pencegahan Penyebaran Covid-19.
  2. Beberapa kerawanan di tahapan Pemilihan dan pemungutan suara antara lain pengerusakan TPS, Anarkisme paslon kalah, bentrok pendukung, dan Pelanggaran Protokol kesehatan.
Baca Juga :   Peduli Kemanusiaan, Serdik Sespimen Angkatan 61 Laksanakan Donor Darah

“Kita harus berjuang untuk mengetahui sejauh mana kesiapan wilayah dalam menghadapi pilkada, sehingga mengetahui langkah apa saja yang perlu dilakukan guna mengamankan Pilkada 2020 yang tertib, aman dan damai.” papar Asrena Kapolri, Irjen Pol Hendro Sugriatno.

Baca Juga : Kapolda Jatim Gelar Kegiatan Penyerahan DIPA T.A. 2021 Kepada Satker Jajaran dan Penandatangan Pakta Integritas

Selain itu, Asrena Kapolri menambahkan, sasaran PAM Pilkada adalah terwujudnya kerjasama antar satuan penyelenggara pilkada, dan polri harus membangun kepercayaan publik, sehingga dapat tercipta pilkada aman dan tertib dengan mematuhi protokol kesehatan.

Baca Juga :   DPC PDIP Trenggalek Umumkan Pemenang Lomba Foto Gagasan Peduli Covid 19

“Sasaran PAM Pilkada adalah terwujudnya koordinasi dan kerjasama antar kesatuan penyelenggara Pilkada. Polri harus mampu membangun kepercayaan publik bahwa pelaksanaan pilkada akan berjalan aman dan tertib, dengan cara masyarakat harus mematuhi protokol kesehatan.” Pungkasnya Irjen Pol Hendro Sugriatno.