Kakanwil Kemenkumham Jatim Tinjau Rutan Perempuan Surabaya


SIDOARJO – Faktor kebersihan dan kenyamanan hunian WBP menjadi salah satu poin yang mendapat perhatian khusus Pimti Pratama Kanwil Kemenkumham Jatim.

Salah satunya disampaikan dalam proses Pembinaan Monitoring Pengawasan dan Pengendalian (Bintorwasdal) di Rutan Perempuan Kelas IIA Surabaya, Jum’at (23/8).

Kakanwil Kemenkumham Jatim Susy Susilawati, didampingi Kadiv Pemasyarakatan Pargiyono, Kadiv Administrasi Haris Sukamto dan Kabag Umum Dewi Atmi Listyorini. Rombongan meninjau blok hunian Rutan Perempuan Surabaya.

Bangunan yang masih satu atap dengan Rutan Surabaya ini mendapat perhatian khusus dari Kakanwil.

Susy menyempatkan berinteraksi dengan salah satu WBP. Hasilnya, proses pemindahan WBP ke Lapas Perempuan masih ditemui banyak kendala.

Salah satu penyebabnya adalah pasca putusan WBP masih belum dapat dipindahkan karena belum lengkapnya persyaratan administratif dari Aparat Penegak Hukum Terkait.

Fenomena ini tentunya makin menambah over kapasitas Rutan Perempuan yang masih menempati bekas blok W Rutan Kelas I Surabaya itu. Susy berpesan kepada Plt. Kepala Rutan Perempuan Teguh Pamuji agar lebih aktif berkoordinasi dengan pihak Kejaksaan dan Pengadilan. Agar mempercepat proses pemindahan WBP apabila proses hukumnya telah inkrach.

“Segera lakukan pemindahan bila masih ada proses peradilan pasca putusan dapat diteruskan ke Lapas,” ujar Susy.

Selain berinteraksi Susy juga meninjau kebersihan ruang hunian dalam Rutan. Susy berpesan kepada seluruh petugas dan WBP untuk senantiasa menjaga kebersihan.

“Anggap ini seperti rumah kalian sendiri, bersih atau tidaknya tempat ini kembali ke kalian semua, disini sudah over kapasitas oleh karena itu kalian harus menjaga kebersihan agar tetap nyaman walau dengan segala keterbatasan,” tutup Susy. (red)