Jadi Panutan, Kapolres Tuban Ajak Anggota Lapor Pajak


Tuban – Patriotisme sudah menjadi nafas bagi Kapolres Tuban, AKBP Ruruh Wicaksono S.I.K, S.H., M.H, tidak hanya dalam melaksanakan tugasnya melayani, mengayomi di Kabupaten Tuban saja.

Bahkan dalam hal melakukan pelaporan pajak, dirinya menjadi panutan atau contoh bagi warga Kota berkhotbah Bumi Wali ini.

Secara internal, Kapolres Tuban adalah sosok bapak yang selalu memberikan contoh kepada anggotanya untuk menjadi wajib pajak yang patuh.

Hal ini menjadikan hawa positif agar terlaksananya pelaporan pajak.

Moment pekan panutan pajak ini dimanfaatkan oleh KPP Pratama Tuban untuk mendengungkan pelaporan pajak di jajaran Polres Tuban.

Terlebih, dimaksudkan untuk memberikan teladan kepada masyarakat akan kesadaran untuk melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya.

Bahkan bisa menjadi pelecut wajib pajak lainnya agar bisa melaksanakan aturan yang termaktub dalam Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara. Surat dengan Nomor 8 Tahun 2015 tentang Kewajiban Penyampaian SPT Tahunan PPh Wajib Pajak Orang Pribadi Oleh Aparatur SIpil Negara / Anggota TNI / Polri Melalui E-Filing.

Baca Juga :   Jelang New Normal, Pegawai KPP Pratama Tuban Jalani Rapid Tes

Dengan Surat Edaran tersebut, ASN/TNI/Polri wajib menaati dan mematuhi segala ketentuan perundang-undangan Perpajakan yang berlaku, yaitu memiliki NPWP, membayar pajak, mengisi dan menyampaikan SPT Tahunan PPh dengan benar, lengkap, jelas dan tepat waktu.

ASN/TNI/Polri wajib melaporkan SPT Tahunan PPh melalui e-Filing.

Diketahui bersama bahwa E-Filing adalah suatu cara penyampaian SPT Tahunan PPh secara elektronik yang dilakukan secara online dan real time melalui internet pada website Direktorat Jenderal Pajak http://www.pajak.go.id.

Baca Juga :   Tim Penilai Internal Mabes Polri Kunjungi Polres Tuban Dalam Rangka Menuju WBBM

Dengan menggunakan e-Filing Wajib Pajak dapat menyampaikan SPT Tahunan PPh kapan saja dan dimana saja asalkan memiliki akses internet.

Dengan e-Filing, penyampaian SPT Tahunan PPh menjadi lebih mudah, cepat dan aman tanpa harus terkendala dengan jalanan yang macet dan antrian Wajib Pajak yang panjang dan menyita banyak waktu dan biaya.

Oleh karenanya, AKBP Ruruh juga memberikan testimoninya dalam menggunakan E-Filing.

Dirinya menganggap bahwa laporan SPT Tahunan melalui E-Filing sangat mudah juga nyaman karena tidak harus datang secara tatap muka ke kantor pajak.

Sebagai wajib pajak yang patuh, pelaporan SPT Tahunan harus segera dilaksanakan sebelum batas waktu yang telah ditentukan yakni adalah 31 Maret 2021.

Baca Juga :   Pandemi Covid-19, Polres Tuban dan Kodim 0811 Bagikan Bantuan

“Saya berharap masyarakat Tuban juga menerapkan hal yang sama yakni patuh dan tepat waktu dalam memenuhi kewajiban perpajakannya karena pemenuhan kewajiban perpajakan adalah tanggung jawab bersama,” jelas Ruruh, Senin (22/2)

Sementara itu, Kepala KPP Tuban, Arif Puji Susilo menjelaskan bahwa pekan panutan adalah sebuah momentum percontohan yang dilaksanakan oleh jajaran Forkopimka untuk melaksanakan pelaporan pajak guna memberikan edukasi kepada masyarakat agar lebih tertib dan patuh perpajakan.

“Kita ajak masyarakat di Kabupaten Tuban agar patuh pajak. Salah satunya dengan pekan panutan ini, kita ajak dan sosialisasi wajib pajak untuk segera melaporkannya. Kita berterimakasih juga kepada Kapolres Tuban yang sudah menjadi panutan kepada anggota jajarannya, umumnya kepada masyarakat di Tuban,” ungkapnya. (Afi)