Humas Pemkab Tuban Ajak Workshop Awak Media


Tuban – Wartawan di Kabupaten Tuban sedang mengikuti workshop untuk meningkatkan ketajaman ilmu bidang jurnalistiknya bersama Bagian Humas Dan Media Pemkab Tuban di Quest Hotel, Jumat (4/10).

Acara yang dikemas dengan pembelajaran dasar jurnalistik cukup membuka cakrawala bagi insan pers. Sentilan ilmu teknik jurnalistik menjadikan pengingat para wartawan yang ada di Kabupaten Tuban. Meski ilmu lain juga sempat diingatkan untuk menambah literasi dalam dunia berita.

Selain ilmu jurnalis, awak media juga dijelaskan tentang Domain fungsi Humas dan Dinas terkait, tujuannya agar penerimaan info dan kebutuhan literasi data yang sering dibutuhkan untuk pemberitaan bisa dilakukan sesuai tugas masing-masing.

Kabag Humas Dan Media Pemkab Tuban Rohman Ubaid dalam tuturannya menjelaskan bahwa, insan media adalah sharing partner untuk menumbuhkan pembangunan dan informasi. Sehingga pencapaian dan kinerja yang dicapai bisa diketahui dan dikenal oleh masyarakat luas.

BACA JUGA : Gubernur Dampingi Wapres Resmikan CIES UNIDA Ponpes Gontor Ponorogo

Pihaknya juga mengatakan banyak tugas pemerintah yang menjalani perubahan. Sesuai tugas dan pokok fungsi kehumasan. Secara domain, bidang kehumasan akan masuk dan bergabung dalam Dinas Komunikasi dan Info (Kominfo). Secara keseluruhan jelas sudah diatur dalam aturan Peraturan Daerah (Perda).

“Profesionalisme secara teknis menjadi domain Dinas terkait. Secara umum bidangnya Humas,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua PWI Tuban, Pipit Wibawanto mengatakan bahwa kegiatan ini menjadi agenda bagus untuk menambah ilmu rekan media yang bertugas di Kota Ronggolawe itu. Media menjadi sarana pengawasan kontrol kinerja untuk pemerintahan. Dengan kejelasan tugas dan fungsi Kehumasan, maka insan pers akan mendapatkan informasi yang tepat.

“Jelas bermanfaat ini, karena untuk menggugah ilmu yang ada. Terkait perubahan tugas dan fungsi juga menjadi hal yang informatif. Kedepan saya berharap ada bentuk kerjasama dibidang informatif tentang kinerja dan hasil pemerintahan, ” jelasnya. (Afi)