Darwin Tangkalalo: Pertamina Berkomitmen Mendukung Ketahanan Energi Nasional


Tuban – Berbarengan dengan kebutuhan energi yang terus meningkat, mendorong Pertamina terus mencari cadangan minyak dan gas di sejumlah tempat di Indonesia.

Pasalnya, konsumsi energi tiap tahun terus bertambah, yakni dengan energi per kapita tumbuh 7% per tahun selain untuk memenuhi kebutuhan industri.

Sementara, distribusi dan kontinuitas pemenuhan kebutuhan antara Jawa-luar Jawa, dan antar kota-desa masih terus meningkat sehingga menimbulkan ketimpangan. Apalagi lagi cadangan minyak bumi diperkirakan akan habis kurang dari 10 tahun.

Karena itu, General Manager Pertamina Hulu Energi Tuban East Java dan Randugunting (PHE-TEJ) Darwin Tangkalalo mengatakan PHE TEJ terus melakukan pencarian cadangan migas di Desa Jegulo, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban. Hal ini dikatakannya ketika konperensi pers di hadapan awak media, Selasa, (17/09).

Demi kelancaran pengeboran tersebut, PHE TEJ telah melakukan sosialisasi bersama ribuan warga desa sekitar terkait rencana pemboran sumur eksplorasi West Mudi A-1(WMA-1) yang dihadiri oleh pemerintah daerah, tokoh masyarakat, dan seluruh masyarakat Desa Jegulo.

“Pengeboran WMA-1 adalah bukti bahwa Pertamina berkomitmen mendukung ketahanan energi nasional, dan sepenuhnya dikerjakan oleh putra-putri terbaik bangsa” ungkap Darwin.

Lebih dari itu, PHE TEJ telah memperoleh persetujuan Bupati Tuban untuk malakukan kegiatan tersebut. Menurut Darwin PHE TEJ telah melakukan komunikasi dengan seluruh pemangku kepentingan, demi kelancaran pengeboran tersebut.

PHE sendiri berkomitmen dengan standarisasi kualitas dan profesionalisme yang diterapkan oleh Pertamina, dengan mengedepankan aspek kesehatan, kenyamanan, keamanan, dan lingkungan, guna menemukan cadangan yang ekonomis.

Dalam pada itu, PHE TEJ, terus menjalankan komitmennya dalam menjaga ketahanan energi negeri, yang diwujudkan dalam percepatan tajak sumur West Mudi A-1 di Desa Jegulo, Kecamatan Soko, Tuban, 11 September 2019. Tajak Sumur merupakan langkah mitigasi penurunan produksi dalam menambah cadangan minyak dan gas bumi.

Darwin menyatakan bahwa kegiatan tajak sumur menggunakan RIG 1500HP dengan total investasi sebesar US$ 10 juta, yang diproyeksi dapat menghasilkan sumber daya migas sebesar 18,37 MMBO.

Pada acara seremoni tajak sumur tersebut, dilakukan juga doa bersama masyarakat dan aparat pemerintah setempat bersama management PHE TEJ untuk kelancaran dan kesuksesan kegiatan ini.

Pemerintah Kabupaten yang diwakili Wakil Bupati Tuban, Nur Nahar Husein mendukung PHE TEJ dalam kegiatan operasi produksi di Desa Jegulo. Selain berkontribusi terhadap kemajuan desa Jegulo, PHE TEJ juga memberdayakan 81% tenaga kerja lokal dari total tenaga kerja dalam kegiatan ini.