APPI Selenggarakan focus Group Discussion Tentang Jaminan Fidusia


Surabaya – Banyaknya masyarakat yang belum paham mengenai Jaminan Fidusia dari UU No 42 Tahun 1999, membuat Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) menyelenggarakan focus group discussion dengan menghadirkan beberapa pihak yang berkaitan dengan Undang – Undang tersebut

Adapun beberapa pihak yang turut menyampaikan presentasi dalam focus group discussion diantaranya dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), APPI, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Polda Jatim dan Polda Metro Jaya.

Dalam keterangannya, Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan mengatakan bahwa Jaminan Fidusia itu penting untuk melindungi dan memudahkan masyarakat agar terlindung dan tidak menjadi korban kejahatan.

“Seperti yang kita lakukan adanya Gebyar Expo Pengembalian Barang Bukti yang kemarin dilakukan Polda Jatim. Kita dapat apresiasi yang baik sekali dari Mabes Polri. Ini baru pertama kali dan juga banyak respons baik dari polda yang lain,” kata Luki di Ballroom Hotel Wyndham, Surabaya, Selasa (8/10).

BACA JUGA : Terdakwa Pemalsuan Sertifikat Spesimen Satwa Dilindungi Jalani Persidangan

Luki berharap, kegiatan ini tidak hanya dapat dipahami oleh pihak-pihak terkait tetapi juga oleh seluruh masyarakat.

“Agar masyarakat juga sama-sama memahami, maka akan ada pemasangan banner-banner terkait Jaminan Fidusia tersebut. Lokasinya tersebar di polsek- polsek dan polres di Jatim,” papar Luki.

Wakapolda Jatim Brigjen Pol Toni Harmanto juga menambahkan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk memberi pengetahuan kepada jajaran penyidik hingga lalu lintas di lingkup Polda Jatim.

“Ini juga menjadi bentuk pelayanan publik kita bersama dengan APPI. Tujuannya adalah untuk menemukan objek-objek tadi terkait dengan roda dua dan empat yang memang ada pemiliknya. Seperti yang tadi dijelaskan saat gebyar expo, dalam 5 hari, 1.000 kendaraan lebih bisa kembali ke pemiliknya,” pungkas Toni. (Son)