Sakralnya Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI di Tuban


Tuban –  Puncak Peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-74 Kabupaten Tuban berlangsung khidmat dan semarak, Sabtu (17/08).

Rangkaian puncak peringatan diawali dengan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih di Alun-alun Kabupaten Tuban. Upacara yang dimulai pukul 09.00 pagi ini, dihadiri Bupati Tuban bertindak sebagai Inspektur Upacara, Wabup bersama Forkopimda Kabupaten Tuban dan Istri, pimpinan instansi vertikal, pimpinan OPD.

Selain itu, juga diikuti personil Polisi, TNI, Satpol PP, ASN dan pelajar. Seperti pada tahun lalu, undangan yang hadir mengenakan baju adat dari berbagai daerah di nusantara. 

Usai upacara pengibaran bendera, dilanjutkan dengan Resepsi Kenegaraan di Pendopo Krido Manunggal Tuban. Kegiatan ini juga diikuti veteran dan janda pejuang, anggota DPRD, Camat, atlet berprestasi dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Tuban, H. Fathul Huda menyampaikan memperingati kemerdekaan tidak hanya sebatas seremonial saja. Tetapi mengingat kemerdekaan dilakukan setiap saat sebagai bentuk syukur.

Selanjutnya, dalam mengisi kemerdekaan harus menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan. Penggunaan pakaian adat sebagai aktualisasi adat budaya sekaligus menghargai kebhinekaan bangsa Indonesia. Di samping itu, hendaknya menyikapi perbedaan dengan bijak.

“Perbedaan akan menciptakan keindahan. Perbedaan adalah karunia dan ketetapan Allah,” tuturnya.

Perbedaan yang ada di masyarakat dapatnya disikapi dengan saling mengisi dan saling melengkapi. Dengan menyikapi perbedaan akan mendapatkan hikmah dan nilai positif. 

Berkaitan dengan tema peringatan HUT Kemerdekaan RI 2019 “SDM Unggul, Indonesia Maju”, Bupati menerangkan berbagai potensi di Kabupaten Tuban harus dapat dimaksimalkan.

Diperlukan SDM yang unggul dan kompeten untuk mengolah potensi daerah menjadi barang jual. Dengan mengolah menjadi barang siap jual akan meningkatkan nilai jual dan menambah pendapatan bagi produsen.

Tidak hanya itu, perlu untuk mengembangkan optimisme, dan membekali generasi muda dengan ilmu pengetahuan dan pendidikan berkarakter.

Bupati dua periode ini menyatakan akan meneruskan cita-cita para veteran dan pahlawan. Perjuangan memperoleh kemerdekaan mengorbankan nyawa, darah dan air mata.

Bupati juga memberikan apresiasi kepada anggota Paskibra telah menjalankan tugas dengan sempurna. Pemkab Tuban merasa bangga memiliki putra putri terbaik.

“Menghormati apa telah dilakukan pahlawan merupakan wujud nasionalisme dan patriotisme, sehingga keutuhan NKRI tidak akan tergoyahkan,” serunya.

Pada kesempatan ini, Bupati didampingi Wabup Tuban bersama istri juga menyerahkan piala dan penghargaan kepada para pemenang lomba yang telah dilakukan sebelumnya. Juga diserahkan reward kepada para atlet berprestasi di ajang Porprov Jatim VI tahun 2019.

Sore harinya, dilakukan upacara penurunan bendera merah putih di Alun-alun Kabupaten Tuban. Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Wabup Tuban. Seluruh rangkaian kegiatan berjalan dengan lancar.  (Afi)